pajak bertutur

Cara Membuat Kode Billing Tanpa e-fin (e-billing Generasi 3)

Cara membuat Kode Billing via sse3.pajak.go.id

Catatan Ekstens - Kanal-kanal pembuatan kode billing untuk pembayaran pajak pusat (PPh, PPN, Bea Meterai, PPnBM dan PBB P3) sekarang bertambah lagi. Bagi anda pengunjung Catatan Ekstens, tentunya sudah pernah membaca artikel kami sebelumnya tentang e-billing generasi 1 (sse.pajak.go.id) pada artikel "Sistem Pembayaran Pajak Secara Elektronik (Billing System)" dan e-billing generasi 2 (sse2.pajak.go.id atau djponline.pajak.go.id) yang kami tuliskan dengan judul "Petunjuk Penggunaan E-billing Pajak Generasi 2".


Kali ini kami akan mencoba menuliskan tutorial cara membuat kode billing tanpa menggunakan e-fin seperti pada e-billing generasi 2. Kami menyebutnya sebagai e-billing generasi 3 (sse3.pajak.go.id). Jika dilihat sepintas, e-billling generasi 3 ini tidak berbeda banyak dengan e-billing generasi 1. Mungkin yang terlihat kentara hanya ditampilan yang mirip dengan e-billing generasi 2.

Cara Membuat Kode Billing Tanpa e-fin (e-billing Generasi 3)


  1. Buka situs https://sse3.pajak.go.id/ lalu klik "belum punya akun"
    buka sse3
  2. Setelah itu akan terbuka halaman registrasi. Pada halaman ini silakan isi dengan data yang diminta (NPWP, email, PIN/Password dan kode keamanan)
    isikan data yang diminta
  3. Akan muncul notifikasi "sukses" link aktivasi akan dikirimkan ke email yang anda daftarkan pada poin 2. silakan buka email anda.
    notifikasi
  4. Klik link aktivasi tersebut. Akun anda sudah aktif.
    klik link aktivasi
  5. Silakan menggunakan NPWP dan PIN/Password anda untuk log in.
    log in sse3
  6. Anda akan memasuki halaman seperti gambar dibawah ini. Artinya anda berhasil masuk ke sistem e-billing generasi 3.
    halaman e-billing sse3
  7. Silakan pilih menu "isi SSE"
  8. Silakan isi data pembayaran anda, kemudian klik "simpan". Kotak dialog "Apakah data yang anda isikan sudah benar?" akan muncul.  Pilih "ya".
    kotak dialog
  9. Cek kembali isian data anda. Jika masih ada yang salah, pilih "ubah" kemudian "simpan" kembali. Namun jika sudah benar klik "Kode billing"
    ubah atau buat kode billing
  10. Kode billing akan muncul. Anda bisa mencetaknya dengan memilih "cetak kode billing"
    cetak kode billing
  11. Proses pembuatan kode billing selesai. Anda bisa membayarnya melalui teller bank atau kantor Pos, via ATM, mesin EDC, atau menggunakan internet banking.


Jika anda membutuhkan slide Cara Membuat Kode Billing Tanpa e-fin (e-billing Generasi 3) ini, anda dapat mendownloadnya disini.

Demikian tutorial singkat e-billing generasi 3 melalui sse3.pajak.go.id. Jika masih ada pertanyaan silakan komentar, atau hubungi KPP terdekat atau ke kring pajak 021-1500200 atau via twitter @kring_pajak.
Share on Google Plus

About Catatan Ekstens

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu. Pemilik blog berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus comment yang disampaikan oleh pembaca. Anda disarankan untuk memahami persyaratan yang ditetapkan pemilik blog ini. Jika tidak menyetujuinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan situs ini. Cek "disclaimer" untuk selengkapnya